Resume Buku "Zero to Hero"

 

RESUME OF BOOK

ZERO TO HERO

By: Solikhin Abu Izzudin

 

 

 

 

Mudzakirat Syaikhut Tarbiyah

KH. Rahmat Abdullah

“Jadilah kalian orang-orang yang..

 

Atsbatuhum Mauqiifan

Yang paling kokoh atau tsabat sikapnya

 

Arhabuhum Shadran

Yang paling lapang dadanya

 

A’maquhum Fikran

Yang paling dalam pemikirannya

 

Ausa’uhum Nazharan

Yang paling luas cara pandangnya

 

Ansyatuhum ‘amalan

Yang paling rajin amal-amalnya

 

Aslabuhum Tanzhiman

Yang paling solid penataan organisasinya

 

Aktsaruhum Naf’an

Yang paling banyak manfaatnya


 

INSPIRASI DAHSYAT

 

 

“Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.

(Q.S. An Nahl: 78)

 

“Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum hingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.”

(Q.S. Ar Ra’d: 11)

 

“Maha Suci Allah yang di tangan-Nyalah segala kerajaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu, yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.”

(Q.S. Al Mulk: 1-2)

 

“Sesungguhnya di dalam tubuh ada segumpal darah, jika ia baik, maka akan baik seluruh tubuh. Jika ia buruk maka rusaklah seluruh tubuh. Ketahuilah, ia adalah hati.”

(HR. Bukhari Muslim)

 

“Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia.

(HR. Tirmidzi)

 

“Barangsiapa bergembira atas kebaikannya dan bersedih atas keburukannya, maka dia adalah seorang mukmin”

(Thabrani dari Abu Musa)

 

 

Rosulullah SAW bersabda,

“Setiap urusan yang tidak dimulai dengan basmalah terputuslah berkahnya”

 

 

 

Kesuksesan BESAR itu milik mereka yang menyandarkan kepada yang MAHA BESAR

 


 

BAB 1

SEBUAH PENGANTAR

 

KECIL-KECIL JADI MUFTI

Muhammad Idris Asy Syafi’i atau lebih dikenal dengan Imam Syafi’i sudah menghafal Al Qur’an di usianya ke sembilan tahun. Usia sepuluh tahun ia telah menghafal isi kitab Al Muwatha’ karya Imam Malik yang berisi 1.720 hadits pilihan. Pada usia 15 tahun telah menduduki jabatan mufti (semacam hakim agung) kota Mekkah. Bahkan di bawah usia 15 tahun, Imam Syafi’i sudah dikenal mumpuni dalam bidang bahasa dan sastra arab, hebat dalam membuat syair, jago qiraat, serta diakui memiliki pengetahuan yang luas tentang adat istiadat arab asli.

 

WANGINYA TAK MAU PERGI

Seorang pemuda bernama Abu Bakar Al Misky memiliki tubuh yang sangat wangi selama bertahun-tahun meskipun ia tidak pernah memakai parfum atau wewangian. Hal ini karena Abu Bakar Al Misky pernah menolak ajakan berzina oleh seorang wanita. Suatu ketika ada seorang perempuan yang berusah memberdayai Abu Bakar Al Misky. Ia memasukan Abu Bakar Al Misky ke dalam rumahya lalu ia mengunci pintu-pintunya. Selaanjutnya ia pun merayu Abu Bakar Al Misky  dengan berbagai cara untuk memperdayai dan menjerumuskan Abu Bakar Al Misky.

Abu Bakar Al Misky saat itu kebingungan dan merasa tertekan oleh tipu daya wanita tersebut. Lalu iapun izin ke toilet dan meminta pembantu wanita tersebut untuk menyertainya. Ketika Abu Bakar Al Misky  masuk ke kamar kecil, ia melumuri tubunya dengan kotoran dan kembali ke tempat wanita tersebut dengan keadaan tubuh yang berlumur kotoran. Ketika wakita tersebut melihat Abu Bakar Al Misky, wanita tersebut kaget dan memerintahkan pembantunya untuk mengeluarkan Abu Bakar Al Misky . lalu Abu Bakar Al Misky pergi dan membersihkan diri. Pada malam harinya Abu Bakar Al Misky bermimpi melihat seseorang berkata padanya:

“Engkau telah melakukan apa yang belum pernah dilakukan selainmu. Sungguh aku menjadikan baumu wangi di dunia dan di akhirat”

Maka, pada pagi harinya Abu Bakar Al Misky terbangun dengan wangi ketsuri yang keluar dari tubuhnya.

 

PERBAHARUI HIDUPMU!

 

Berkaca dari kisah Imam Syafi’i dan Abu Bakar Al Misky. Imam Syafi’i memanfaatkan usianya untuk hal-hal yang bernilai ibadah sehingga di usianya yang baru 15 tahun ia mampu menjadi seorang mufti termakhsyur di Kota Mekkah.

 

Begitupun dengan Abu Bakar Al Misky yang mampu menahan godaan dan menjaga iman sehingga Allah SWT membuat kisah dan namanya harum layaknya wangi katsuri yang merebak dari tubunya.

 

“Dan di dalam kisah itu terdapat pelajaran bagi orang-orang berpikir” (QS. Yusuf: 111)

 

Mereka orang biasa dan bisa. Kita pun bisa. Asalkan mau mencoba dan menggesa diri meraih prestasi mulia. Belajarlah dari kebiasaan sukses. Berpikir sukses dan belajar sukses. Ubah kebiasaan negatif menjadi positif. Karena “the first you make habbits, at the last habbits make you..”

Comments

Popular posts from this blog